Mengulik Pengobatan Hingga Biaya Medis Di Singapura

Mengulik Pengobatan Hingga Biaya Medis Di Singapura – Singapura merupakan sebuah negara yang juga menjadi tetangga Indonesia. Menjadi bagian dari Asia Tenggara, Singapura tampil sebagai negara yang termasuk maju baik dari sektor ekonomi maupun pendidikannya. Di bidang kesehatan, Singapura menjadi negara terdepan dalam majunya dunia medis bahkan sangat terkenal di seluruh dunia. Tidak heran jika banyak warga Indonesia yang jauh untuk sekedar melakukan pengobatan ke Singapura. Sebenarnya bagaimana pelayanan kesehatan di Singapura itu?

Bukan sebuah rahasia jika pelayanan medis Singapura tidak kalah dari pelayanan medis dari negara maju lainnya seperti Amerika, hingga Eropa. Umumnya fasilitas kesehatan yang diterapkan Singapura sangat canggih dan berstandar Internasional. Tidak mengherankan apabila Singapura menjadi salah satu negara yang masuk dalam ketegori 10 negara tersehat versi Bloomberg yang dirilis pada tahun 2019.

Alasan warga Indonesia berobat jauh ke Singapura
Merupakan fakta yang cukup mengejutkan tatkala warga Indonesia sangat banyak yang berobat ke negara Singa ini. Tercatat sekitar tahun 2015 ada 600.000 warga Indonesia yang berobat ke luar negeri dan kebanyakan memilih Malaysia dan Singapura sebagai tujuan utamanya. Lantas apa alasan warga Indonesia berobat ke Singapura? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1.Fasilitas sangat lengkap dengan penerapan teknologi yang modern
Alasan pertama dan utama mengapa warg Indonesia berobat ke Singapura lantaran fasilitas kesehatannya yang lengkap dengan disertai penerapan teknologinya yang canggih dan modern. Jika dibandingkan dengan Indonesia, Singapura jauh lebih baik fasilitas kesehatannya mengingat jumlah rumah sakit di Singapura lebih sedikit sehingga distribusi fasilitasnya lebih mudah. Pun juga penerapan teknologinya juga sangat mudah apalagi wilayahnya yang juga kecil jika dibandingkan dengan Indonesia yang memiliki wilayah yang sangat luas.

2.Kualitas perawat dan dokter yang baik
Selain rumah sakitnya yang memiliki fasilitas lengkap berteknologi internasional, perawat dan dokternya pun di Singapura kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Secara keseluruhan, ada sekitar 13.000 dokter dan perawat yang telah handal dan merupakan lulusan terbail dari universitas ternama di dunia.

3.Rumah sakit bertaraf Internasional
Tidak hanya dokter, perawat, hingga fasilitasnya yang sudah bertaraf Internasiona, nyatanya rumah sakit yang ada di Singapura telah berstandar Internasional. Setidaknya ada 10 rumah sakit, 13 rumah sakit swasta dan beberapa klinik yang semuanya telah mendapat sertifikat Joint Commission International (JCO) dan International Organizational Standardization (ISO) 9000. Dengan semuanya berstandar Internasional maka manajemennya pun sudah sangat tertata dengan rapi yang berimbas pada pelayanan medis yang mumpuni.

Biaya medis di Singapura
Berobat ke Singapura selain mempertimbangkan pelayanannya harus juga mempertimbangkan berapa biaya medis yang diberlakukan selama pengobatan di Singapura. Baik rumah sakit umum ataupun sawasta mematok biaya medis yang berbeda-beda. Melihat dari rata-rata biaya medis di Singapura maka biaya medis yang wajib Anda ketahui selama berobat disana antara Rp 14 juta- hingga Rp 300 juta rupiah, tergantung pada jenis penyakit dan rumah sakit yang dipilih sebagai tempat berobat. Meski terbilang mahal jika dibandingkan dengan Indonesia, namun tingkat kesembuhan yang ditawarkan rumah sakit umum dan swasta di Singapura sangat tinggi dan menjanikan. Terlebih fasilitas yang diberikan sangat baik dibantu dengan teknologi, dokter, hingga perawat medis yang sudah sangat profesioal bersertifikat Internasional. Bagi Anda yang ingin berobat ke Singapura tak ada salahnya selain mempersiapkan dana yang akan digelontorkan juga persiapan lainnya yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!