Info Lengkap Biaya Pengobatan Kelenjar Getah Bening

Info Lengkap Biaya Pengobatan Kelenjar Getah Bening

Info Lengkap Biaya Pengobatan Kelenjar Getah Bening – Kelenjar getah bening adalah suatu bagian dari sistem kekebalan tubuh yang dapat melawan infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri dan lainnya. Apabila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening akan menglami pembengkakan. Kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan terdapat dalam bagian leher, ketiak serta pangkal paha. Lymphadenopathy atau kelenjar getah bening adalah kondisi dimana terjadi pembesaran sel darah putih menjadi gumpalan sebesar kacang atau lebih. Pembesaran ini ditandai dengan:
– Terdapat benjolan pada area tertentu yang terasa keras saat ditekan
– Badan terasa lemah dan ukuran pembengkakan terus bertambah
– Badan terasa demam yang tak kunjung reda
– Berkeringat dimalam hari
– Mengalami penurunan berat badan tanpa adanya sebab yang jelas sebelumnya
– Kesulitan bernafas atau menelan makanan dikarenakan sakit tenggorokan

Pembengkakan kelenjar getah bening terjadi karena sebuah virus atau bakteri. Infeksi karena virus atau bakteri yang tergolong ringan adalah pilek, radang amandel, demam kelenjar, infeksi gigi, infeksi tenggorokan, infeksi telinga dan selulitis atau infeksi kulit. Selain itu pembengkakan kelenjar getah bening juga dapat terjadi karena kondisi medis seperti lupus, campak, artritis reumatoid, sarkoidosis, tuberkulosis, sifilis, rubella, HIV/AIDS, cytomegalovirus bahkan leukimia limfositik kronis dan limfoma non-Hodgkin (kanker). Bebarapa penyakit bahaya seperti tadi dapat terjadi apabila pembengkakan kelenjar getah bening tidak segera diobati.

Sebaiknya setelah mengetahui gejala seperti diatas segera di lakukan tindakan dengan memeriksakan ke rumah sakit. Dokter akan memeriksa dengan menanyakan gejala seperti rasa sakit pada benjolan, nyeri tenggorokan, demam, penurunan berat badan, dan rasa mudah lelah,. Selain itu akan diperiksa pula riwayat kesehatan pasien seperti riwayat keluarga yang sebelumnya terkena penyakit yang serupa, riwayat sakit kanker, riwayat vaksin, dan obat-obatan yang telah dikonsumsi. Setelah itu dokter akan memeriksa benjolan apakah bersifat keras atau lembek, dapat bergeser atau tidak, dan kecil atau besar serta sakit atau tidak.

Karena perbedaan penyebab pembengkakan dapat di ketahui dengan sifat benjolan tersebut. Apabila benjolan kelenjar getah bening dapat bergeser, sakit bila di sentuh dan lembek, maka benjolan tersebut disebabkan oleh infeksi. Sedangkan benjolan yang keras, tidak sakit dan tidak dapat bergeser maka disebabkan oleh kanker yang sudah menyebar dalam kelenjar betah bening. Langkah selanjutnya dokter akan melakukan tindakan medis dengan beberapa serangkaian tes untuk dapat mendiagnosis pembengkakan kelenjar getah bening seperti;

– Pemeriksaaan darah lengkap
Pemeriksaan darah lengkap yang dilakukan dapat mendeteksi infeksi dan leukimia, sehingga dapat membantu dokter yang berasal dari anggota agen bola online ini dalam mengevaluasi kesehatan pasien. Dalam pemeriksaaan ini diberlakukan pembayaran sekitar Rp. 50.000 hingga ratusan ribu rupiah tergantung rumah sakit yang menyelenggarakan.

– CT Scan dan pemeriksaan X-ray
Berbeda dengan X-ray, CT Scan adalah metode yang dilakukan dengan sebuah alay medis dimana tubuh akan di berikan cairan pada pembuluh darah lalu bagian yang terdapat bejolan akan di masukkan dalam alat Scan. Dari pemeriksaaan tersebut akan di ketahui bentuk benjolan secara detail. Selain itu juga dilakukan X-ray untuk mengetahui kondisi paru-paru dari pasien. Dalam metode ini diperlukan biaya sekitar Rp. 1.000.000 hingga Rp. 3.500.000 tergantung rumah sakit yang menyelenggaran dan bagian tubuh yang diperiksa.

– Biopsi
Metode ini biasanya dijadikan metode terakhir bagi dokter karena kecurigaan penyebab pembengkakan adalah kanker. Biopsi berbeda dengan oprasi, biopsi adalah tindakan pengambilan cairan dari benjolan tersebut lalu di lakukan pemeriksaaan di laboratorium, untuk mngetahui penyakit yang diderita dari pasien. Biaya yang diperlukan untuk metode ini sebesar kurang lebih Rp 1.500.000 tergantung pada rumah sakit yang menyelenggarakan.

Dari berbagai rangkaian pemeriksaan diatas pasien harus mengeluarkan total biaya yang tidak sedikit, tetapi untuk pasien yang memiliki BPJS dapat menggunakannya untuk meringankan beban biaya tersebut. Setelah melakukan serangkaian tes diatas langkah selanjutnya adalah pengobatan dan menunggu untuk kesembuhan bagi para pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!