Ketahui Faktor Yang Berpengaruh Besar Pada Besarnya Biaya Asuransi Kesehatan

Ketahui Faktor Yang Berpengaruh Besar Pada Besarnya Biaya Asuransi Kesehatan – Menjaga kesehatan adalah tanggungjawab bersama. Kesehatan menjadi hal yang sangat penting mengingat sebanyak apapun harta yang Anda miliki maka tidak ada artinya apa-apa jika tubuh Anda sakit. Maka sangat wajar apabila banyako orang rela menggelontorkan banyak biaya medis untuk sekedar ingin mendapatkan kesembuhan.

Sebagai manusia, tidak ada yang tahu kapan jatuh sakit beserta apa penyebabnya. Sakit tidak memandang apa latar pendidikan Anda, jenis kelamin hingga umur Anda. Di tengah kondisi dimana masyarakat membutuhkan layanan kesehatan yang memadai dengan biaya medis yang murah maka muncullah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini sebenarnya merupakan salah satu jenis asuransi yang telah lama ada dan menjadi pilihan utama untuk menjaga diri dan keluarga agar tetap bisa sehat.

Tingginya biaya medis yang ditetapkan menjadi salah satu faktor yang membuat banyak orang beralih memiliki asuransi kesehatan ini. Pasalnya dengan adanya asuransi kesehatan maka biaya medispun bisa ditekan apalagi jika dalam sekali berobat membutuhkan biaya yang sangat besar sementara kemampuan membayar sangat minim. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa asuransi kesehatan menjadi penting keberadaannya.

Biaya yang harus dibayar atau lebih dikenal dengan istilah premi merupakan suatu dana yang wajib dibayar oleh pemilik asuransi kesehatan dalam periode waktu tertentu dengan besaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Ketika Anda atau salah satu anggota keluarga misalkan jatuh sakit maka baik sebagian atau keseluruhan biaya medis ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan asuransi kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebelum melangkah ke pembahasan lebih jauh simak ulasan mengenai faktor yang berpengaruh besar pada biaya asuransi kesehatan.

1. Usia pemilik asuransi saat mengajukan polis
Ada yang bilang bahwa semakin seseorang berumur muda ketika mengajukan asuransi maka semakin kecil pula biaya premi yang harus dibayar. Hal ini memang benar adanya. Orang yang masih berumur muda akan mendapat keuntungan dengan membayar premi dalam jumlah yang rendah ketimbang orang yang ikut asuransi kesehatan ketika sudah berumur lanjut. Ini sangat berkaitan erat dengan resiko mendapat gangguan kesehatan. Orang yang sudah berumur lanjut sangat rentan sekali dengan terserang penyakit dibandingkan dengan orang yang masih muda mengingat sistem kekebalan orang usia lanjut yang sudah tak lagi tinggi.

2. Jenis asuransi kesehatan yang diambil
Seiring dengan perkembangan zaman, asuransi juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satunya dengan munculnya dua jenis asuransi kesehatan yang berlaku. Setidaknya ada dua jenis asuransi kesehatan yakni asuransi kesehatan murni dan asuransi kesehatan plus investasi. Tentu masing-masing memiliki tujuan yang sama hanya saja yang satunya selain untuk menanggung biaya medis selama berobat, ada tujuan lagi yakni sebagai investasi jangka panjang. Kebutuhan yang mendesak dan selalu berkembang menjadi faktor munculnya jenis asuransi kesehatan ini.

Asuransi kesehatan sangatlah penting terlebih jika melihat biaya medis yang ada kini semakin tinggi tiap tahunnya. Setidaknya dengan Anda memiliki asuransi kesehatan meski harus membayar premi tiap bulannya, Anda dan keluarga tertanggung mendapatkan jaminan berobat yang lebih ringan biaya medisnya ketimbang yang tidak mendaftar sebagai anggota agen sbobet terpercaya. Ingat tidak semua orang bisa mendapatkan pelayanan terbaik ketika tidak memiliki kemampuan membayar biaya medis.

Bagaiamana sudahkah Anda memikirkan berapa biaya medis yang akan Anda bayarkan jikalau sakit menyerang? Persiapkanlah mulai sekarang sebelum penyesalan datang kepada Anda. Semoga bermanfaat.

Mengulik Pengobatan Hingga Biaya Medis Di Singapura

Mengulik Pengobatan Hingga Biaya Medis Di Singapura – Singapura merupakan sebuah negara yang juga menjadi tetangga Indonesia. Menjadi bagian dari Asia Tenggara, Singapura tampil sebagai negara yang termasuk maju baik dari sektor ekonomi maupun pendidikannya. Di bidang kesehatan, Singapura menjadi negara terdepan dalam majunya dunia medis bahkan sangat terkenal di seluruh dunia. Tidak heran jika banyak warga Indonesia yang jauh untuk sekedar melakukan pengobatan ke Singapura. Sebenarnya bagaimana pelayanan kesehatan di Singapura itu?

Bukan sebuah rahasia jika pelayanan medis Singapura tidak kalah dari pelayanan medis dari negara maju lainnya seperti Amerika, hingga Eropa. Umumnya fasilitas kesehatan yang diterapkan Singapura sangat canggih dan berstandar Internasional. Tidak mengherankan apabila Singapura menjadi salah satu negara yang masuk dalam ketegori 10 negara tersehat versi Bloomberg yang dirilis pada tahun 2019.

Alasan warga Indonesia berobat jauh ke Singapura
Merupakan fakta yang cukup mengejutkan tatkala warga Indonesia sangat banyak yang berobat ke negara Singa ini. Tercatat sekitar tahun 2015 ada 600.000 warga Indonesia yang berobat ke luar negeri dan kebanyakan memilih Malaysia dan Singapura sebagai tujuan utamanya. Lantas apa alasan warga Indonesia berobat ke Singapura? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1.Fasilitas sangat lengkap dengan penerapan teknologi yang modern
Alasan pertama dan utama mengapa warg Indonesia berobat ke Singapura lantaran fasilitas kesehatannya yang lengkap dengan disertai penerapan teknologinya yang canggih dan modern. Jika dibandingkan dengan Indonesia, Singapura jauh lebih baik fasilitas kesehatannya mengingat jumlah rumah sakit di Singapura lebih sedikit sehingga distribusi fasilitasnya lebih mudah. Pun juga penerapan teknologinya juga sangat mudah apalagi wilayahnya yang juga kecil jika dibandingkan dengan Indonesia yang memiliki wilayah yang sangat luas.

2.Kualitas perawat dan dokter yang baik
Selain rumah sakitnya yang memiliki fasilitas lengkap berteknologi internasional, perawat dan dokternya pun di Singapura kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Secara keseluruhan, ada sekitar 13.000 dokter dan perawat yang telah handal dan merupakan lulusan terbail dari universitas ternama di dunia.

3.Rumah sakit bertaraf Internasional
Tidak hanya dokter, perawat, hingga fasilitasnya yang sudah bertaraf Internasiona, nyatanya rumah sakit yang ada di Singapura telah berstandar Internasional. Setidaknya ada 10 rumah sakit, 13 rumah sakit swasta dan beberapa klinik yang semuanya telah mendapat sertifikat Joint Commission International (JCO) dan International Organizational Standardization (ISO) 9000. Dengan semuanya berstandar Internasional maka manajemennya pun sudah sangat tertata dengan rapi yang berimbas pada pelayanan medis yang mumpuni.

Biaya medis di Singapura
Berobat ke Singapura selain mempertimbangkan pelayanannya harus juga mempertimbangkan berapa biaya medis yang diberlakukan selama pengobatan di Singapura. Baik rumah sakit umum ataupun sawasta mematok biaya medis yang berbeda-beda. Melihat dari rata-rata biaya medis di Singapura maka biaya medis yang wajib Anda ketahui selama berobat disana antara Rp 14 juta- hingga Rp 300 juta rupiah, tergantung pada jenis penyakit dan rumah sakit yang dipilih sebagai tempat berobat. Meski terbilang mahal jika dibandingkan dengan Indonesia, namun tingkat kesembuhan yang ditawarkan rumah sakit umum dan swasta di Singapura sangat tinggi dan menjanikan. Terlebih fasilitas yang diberikan sangat baik dibantu dengan teknologi, dokter, hingga perawat medis yang sudah sangat profesioal bersertifikat Internasional. Bagi Anda yang ingin berobat ke Singapura tak ada salahnya selain mempersiapkan dana yang akan digelontorkan juga persiapan lainnya yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

Informasi Seputar Penyakit Jantung Dan Biaya Medisnya Selama Pengobatan

Informasi Seputar Penyakit Jantung Dan Biaya Medisnya Selama Pengobatan

Informasi Seputar Penyakit Jantung Dan Biaya Medisnya Selama Pengobatan – Penyakit jantung merupakan penyakit yang selama ini menjadi momok menakutkan bagi orang Indonesia. Hal ini mengingat banyak nyawa melayang akibat penyakit ini. Jantung merupakan organ penting dan vital bagi tubuh manusia. Jantung ini berfungsi untuk memompa dan mendistribusikan darah ke seluruh tubuh manusia. Ketika jantung tidak maksimal dalam mendistribukan dan memompa darah yang mengandung oksigen maka akan muncul penyumbatan pada pembuluh darah. Dan dari sinilah akan muncul banyak sekali penyakit berbahaya lainnya.

– Jenis-jenis penyakit jantung

Ada beberapa jenis penyakit jantung yang wajib Anda ketahui, antara lain:

1. Penyakit jantung koroner
Jantung koroner menjadi jenis penyakit jantung yang paling umum diderita. Penyakit ini bisa terjadi ketika dinding arteri menebal yang disebabkan oleh akumulasi lemak yang begitu banyak. Kondisi seperti ini membuat jumlah darak yang akan dipasok menjadi terhambat dan tekanan darah pun menjadi meningkat.

2. Gagal jantung
Gagal jantung menjadi jenis penyakit jantung yang terjadi lantaran jantung tidak mampu memompa darah dan berhenti bekerja. Dalam kondisi seperti ini seorang penderita akan kehilangan banyak darah, terkejut, hingga terjadi gangguan pada paru-paru.

3. Penyakit katup jantung
Penyakit katup jantung ini bisa terjadi jika salah satu dari keempat katup tidak berfungsi maksimal. Dalam kondisi darurat penderita bisa mengalami stroke.

4. Penyakit jantung rematik
Penyakit yang menyerang jantung ini bisa terjadi lantaran infeksi bakteri yang dialami semasa kecil dan berpengaruh terhadap sendi dan katup jantung. Salah satu cara atau penanganan yang bisa diambil adalah dengan mengganti katup jantung melalui jalan operasi.

5. Aterosklerosis
Aterosklerosis merupakan penyakit jantung yang terjadi ketika arteri mengalami pengerasan. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh mengendapnya sebuah wabah, racun, dan lemak. Akibatnya adalah tekanan darah menjadi meningkat serta muncul penyakit stroke jantung.

– Biaya medis selama pengobatan penyakit jantung
Sudah bukan rahasia lagi jika penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berat dan membutuhkan waktu pengobatan yang sangat lama. Tidak heran jika biaya medis selama pengobatan penyakit jantung sangatlah mahal apalagi jika membutuhkan alat kesehatan yang canggih. Tercatat biaya perawatan jantung dalam 5 tahun terakhir meningkat 15%.

Apabila penyakit jantung ini diderita oleh orang yang kurang mampu tentu akan sangat memberatkan lantaran ekonominya yang kurang. Maka dari itu, wajar jika di Indonesia banyak korban tidak terselamatkan dari penyakit jantung ini salah satunya karena faktor ekonomi yang tidak mendukung.

Selain itu, biaya medis juga termasuk dalam biaya pengecekan penyakit jantung yang ternyata juga meningkat tajam. Melihat dari data yang menyebutkan bahwa rumah sakit yang ada di Indonesia mematok biaya pengecekan jantung yang masih terbilang mahal berkisar antara Rp 415.000- Rp 4.000.000. Padahal ini masih biaya pengecekan belum biaya pengobatan yang membutuhkan jumlah uang yang sangat fantastis. Tak sedikit pula yang dalam kondisi tertentu, pengobatan hingga operasi penyakit jantung membutuhkan biaya penanganan medis hingga ratusan juta rupiah untuk sekali jalan. Belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk pengobatan hingga sembuh total membutuhkan waktu yang sangat lama.

Dengan mahalnya biaya medis penyakit jantung tersebut, wajib bagi kita semua untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat serta rutin untuk melakukan olahraga. Mari sayangi tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berobat Di Singapura

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berobat Di Singapura

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berobat Di Singapura – Banyak orang Indonesia yang sengaja berobat ke luar negeri dibandingkan dengan berobat di negaranya sendiri ketika sakit. Ada banyak alasan mengapa mereka lebih memilih demikian salah satunya adalah fasilitas kesehatan di luar negeri lebih canggih dengan menggunakan teknologi yang modern dan tentunya lengkap. Salah satu negara yang menjadi tujuan berobat orang Indonesia adalah Singapura. Singapura dikenal sebagai negara yang memiliki fasilitas kesehatan yang sangat mumpuni dan berstandar Internasional. Tak heran jika biaya medis yang harus dibayar pun relatif fantastis jika dibandingkan dengan berobat di Indonesia dengan fasilitas yang masih minim.

Sebelum Anda memutuskan untuk berobat ke Singapura, Anda diharuskan untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Diantara hal yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

1. Adanya surat rujukan dari dokter yang ada di Indonesia
Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum berobat ke Singapura adalah adanya surat rujukan yang langsung direkomendasikan oleh dokter yang ada di Indonesia. Surat rujukan ini fungsinya sangat penting seagai acuan dokter yang ada di Singapura untuk memberikan pelayanan medis seperti apa yang sesuai dengan kondisi pasien. Di dalam surat rujukan tersebut terdapat informasi seputar riwayat pengobatan pasien, kondisi kesehatan terakhirnya, hingga konsumsi obat-obatan apa saja yang telah diberikan. Selain itu, melalui surat rujukan ini, dokter yang ada di Indonesia secara tidak langsung akan memantau perkembangan selama pasien berobat ke Singapura.

2. Melengkapi dokumen yang dibutuhkan
Langkah selanjutnya adalah dengan melengkapi semua dokumen yang sekiranya dibutuhkan selama menjalani pengobatan disana. Diantara dokumen penting yang dibutuhkan adalah visa, pasport layaknya ketika anda melakukan pendaftaran game judi online di agen bola terpercaya, anda harus menyediakan berbagai dokumen atau data anda untuk melakukan registrasi dan ini juga bisa seperti saat anda melakukan perjalanan ke luar negeri hingga dokumen terkait dengan kesehatan yang sekiranya dibutuhkan oleh dokter sebagai acuan untuk memberikan pengobatan yang tepat.

3. Pilih rumah sakit dan dokter yang tepat
Berobat di Singapura tidak semuanya mampu untuk memberikan pengobatan yang tepat. Pasalnya setiap orang memiliki keluhan yang berbeda-beda sehingga penanganannya pun juga berbeda. Ketika Anda memutuskan untuk berobat ke Singapura, alangkah baiknya jika sebelumnya Anda mencari informasi seputar rumah sakit mana yang memiliki fasilitas lengkap serta dokter spesialis siapa yang memiliki rekam jejak terbaik dalam menangani penyakit tertentu. Upayakan untuk memilihnya dengan tepat.

4. Pilihan tempat menginap selama bagi keluarga yang mendampingi selama pengobatan
Tidak dapat dipungkiri jika beberapa anggota keluarga turut mendampingi selama menjalani pengobatan di negara Singapura. Karena tidak semua rumah sakit memberikan tempat bagi anggota keluarga pasien untu menginap maka tidak ada salahnya untuk mencari tempat menginap yang tepat. Di Singapura terdapat banyak sekali tempat menginap yang bisa Anda pilih seperti hotel, apartemen, hingga hostel yang jauh lebih murah. Pastikan Anda memilih tempat menginap ini sesuai dengan budget yang dimiliki apalagi jika di Singapura dalam jangka waktu yang lumayan lama.

5. Biaya medis yang harus dibayar
Inilah yang menjadi pertimbangan penting sebelum akhirnya memutuskan untuk berobat di Singapura. Singapura yang terkenal akan pelayanan kesehatannya yang canggih tentu mematok biaya medis yang lumayan tinggi. Diketahui dari rumah sakit umum, hingga rumah sakit swasta mematok biaya medis dari Rp 14 juta hingga Rp 300 juta tergantung pada jenis penyakit hingga penanganannya. Meski terbilang mahal namun, sebanding dengan pelayanan kesehatan yang akan Anda dapat. Pun juga Anda harus pintar-pintar memilih mana rumah sakit yang bisa menangani penyakit Anda dengan biaya medis yang sesuai dengan kemampuan.

Kepuasan Pasien Tentukan Besarnya Biaya Medis?

Kepuasan Pasien Tentukan Besarnya Biaya Medis

Kepuasan Pasien Tentukan Besarnya Biaya Medis? – Dalam dunia kesehatan, pelayanan menjadi hal mutlak yang dibutuhkan baik oleh pasien maupun keluarga pasien. Dalam upaya untuk memberikan kepuasan atas pelayanan yang telah diberikan seringkali pihak pemberi layanan melakukan survei untuk kemudian dijadikan sampel. Kepuasan pasie dan keluarganya merupakan hal yang sangat penting mengingat berpengaruh pada kualitas dari kinerja pelayanan yang diberikan. Apabila kinerja pelayanannya bagus otomatis pasien dan keluarganya akan puas dengan apa yang diberikan.

Setiap tahunnya biaya medis terus meningkat. Meski banyak bantuan untuk meringannya pun juga banyak namun, diklaim tidak bisa dirasakan secara merata oleh masyarakat. Walhasil banyak masyarakat yang mengeluhkan tingginya biaya medis. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah apakah ada kemungkinan kepuasan pasien dan keluarganya bisa menentukan biaya medis?

Faktor yang pengaruhi kepuasan pasien dan keluarganya

Sebelum membahaas ke pokok persoalan, sebagainya Anda menyimak beberapa ulasan terkait dengan faktor yang secara tidak langsung pengaruhi kepuasan pasien dan keluarganya selama menjalani masa pengobatan.

1.Karakteristik pasien
Faktor yang pengaruhi kepuasan pasien pertama ditentukan oleh karakteristik dari pasien itu sendiri. Karakteristik ini sangat berkaitan erat dengan latar belakang dari orang tersebut misalkan jenis kelamin, umur, pendidikan, agama, pekerjaan, dan masih banyak lainnya. Semua secara tidak langsung memberikan pengetahuan bagaiamanan mengukur kepuasan mereka. Orang yang berpendidikan tinggi tentu tidak akan menilai hanya dari satu sudut pandang saja sehingga mereka lebih mudah untuk menilai secara logis bukan asumsi.

2. Sarana fisik
Faktor yang bisa mempengaruhi kepuasan selajutnya datang dari pelayanan fisik yang diberikan. Seperti halnya gedung, perlengkapan, komunikasi antara pegawai, dan lain sebagainya. Ketika fasilitas fisik memadai tentu tak perlu diminta pasien dan keluarganya akan menunjukkan rasa kepuasan mereka dengan apa yang telah diberikan.

3. Jaminan
Jaminan disini bukanlah jaminan kesehatan yang berkaitan dengan biaya namun lebih cenderung mengarah pada rasa kepercayaan yang diberikan pasien dan keluarganya kepada pihak rumah sakit. Ketika mereka puas dengan apa yang telah diberikan maka mereka akan selalu percaya dan akan datang lagi disaat mereka sedang sakit.

4. Kepedulian
Dalam memberikan sebuah pelayanan terbaik tentu tidak hanya melihat dari satu perspektif saja. Dibutuhkan rasa kepedulian yang mendalam terhadap orang yang memang membutuhkan pelayanan. Antara pegawai dibutuhkan sebuah komunikasi aktif yang berimbas pada singkronnya pelayanan yang akan diberikan sehingga pasien pun bisa mendapat pelayanan sesegera mungkin.

5. Kehandalan
Pasien dan keluarganya akan puas dengan apa yang diberikan tatkala dalam memberikan pelayanan sangat cepat, handal, tepat, akurat, dan tentu saja memuaskan. Pada dasarnya pasien dan keluarganya menginginkan pelayanan yang sangat handal dan cepat. Sehingga profesionalisme kerja harus selau ditingkatkan.

Kepuasan pasien tentukan besarnya biaya medis?

Untuk menilai sebuah permasalahan tentu harus melihatnya dari berbagai sudut pandang. Sebenarnya kemungkinan ada hubungannya antara kepuasan pasien dengan meningkatkan biaya medis. Alasannya tentu sangat beragam. Pertama, seiring dengan meningkatnya kepuasan pasien maka salah satu sebabnya adalah meningkatnya pelayanan yang diberikan sementara pelayanan yang meningkat tentu membutuhkan dana yang cukup besar. Sehingga mau tidak mau biaya medispun menjadi meningkat. Berbeda halnya dengan rumah sakit yang seadanya memberikan pelayanan. Mereka tentu menetapkan biaya medis jauh lebih rendah.

Kedua, pada hakekatnya orang yang telah puas dengan apa yang diberikan tentu tidak akan keberatan dengan besaran biaya medis yang ditetapkan. Alasannya tentu menganggap bahwa kesembuhan adalah harga mati dan sangat dibutuhkan dalam waktu cepat. Sehingga mereka akan rela keluar uang banyak demi mendapatkan kesembuhan.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!